GRASSTRACK ID

Tips Belanja Aksesoris Balap Secara Online

aman online

Perkembangan dunia digital didunia sangatlah pesat dan tidak dapat dicegah. Kita dituntut untuk terus menyesuaikan dengan kondisi perkembangan tersebut. Dengan berkembangnya teknologi digital dapat berdampak positif dan negatif bagi sebagian orang. Salah satu hal positif yang dapat diambil adalah fasilitas yang ditawarkan teknologi digital membuat beberapa orang menjadi lebih kreatif. Mereka dapat melakukan transaksi Jual-Beli secara online walaupun jarak antara pembeli dan penjual sangat jauh. Atau orang lebih mengenal istilahnya dengan Online Shop. Dan apakah sisi negatifnya? Yap, sisi negatifnya adalah orang akan memanfaatkan media online tersebut untuk melakukan tindakan criminal seperti penipuan.

Lalu bagaimana cara mengantisipasi atau menghindari penipuan secara online? Mengingat keperluan balap saat ini banyak yang diperjualbelikan secara online, berikut beberapa tips yang dapat kalian perhatikan untuk menghindari terkena penipuan secara online. (Ketelitian pembeli tetap menjadi faktor utama agar tidak tertipu. Selalu waspada, karena penipuan dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja)

  1. Perhatikan penjual

Dengan banyaknya online shop yang beredar di instagram bukan berarti seluruh online shop adalah benar-benar penjual. Ada sebagian besar online shop yang hanya bermodalkan akun instagram tanpa adanya barang yang jelas. Mereka hanya mencari foto produk dimedia lain lalu memposting pada akun instagram milik sendiri. Akun instagram seperti ini biasanya tidak jelas siapa pemiliknya, yang dapat kita ketahui hanya informasi nama toko dan contact person saja. Untuk mencegah hal tersebut, kalian bisa membaca komentar-komentar yang ada dipostingan mereka. Beberapa akun penipuan akan memiliki komentar-komentar negatif dipostingannya. Untuk penjual terpercaya, akun mereka akan ramai dengan komentar namun tidak komentar negatif.

  1. Kenali informasi produk

Jika kalian ingin membeli barang secara online, utamakan untuk mencari informasi produk yang akan dibeli. Informasi tersebut dapat meliputi kelengkapan produk, bentuk fisik produk, fungsinya, cara cek keaslian produk, dan sebagainya. Jangan sampai terjadi misalkan kalian membeli 1 set cover YZ85 namun yang dikirim 1 set cover RM85 dan kalian tidak tahu jika itu salah.

  1. Jangan tergiur harga murah

Hal ini adalah faktor utama banyak yang menjadi korban penipuan online. Hanya karena tergiur harga murah, sebagian orang tanpa berpikir panjang langsung melakukan transaksi tanpa meneliti penjual maupun barang yang dijual. Memang harga miring bukan berarti pasti penipuan, namun perlu diperhatikan bahwa harga miring dapat dicurigai seperti barang cacat, barang bekas, barang KW, atau pun tidak ada barangnya sama sekali.

  1. Utamakan penjual dengan foto produk yang jelas

Banyak online shop tidak mempunyai foto produk yang jelas. Foto yang tidak jelas ini seperti foto produk yang memiliki resolusi rendah (gambar pecah) dan foto ditempat yang gelap (biasanya beralasan kamera jelek/tergesa-gesa saat foto produk). Ada juga yang posting foto dengan foto yang ada diwebsite resmi produknya. Jika mereka posting foto dari website sebenarnya tidak masalah asalkan mereka juga pernah foto produk yang ada ditoko mereka. Karena terkadang ada penjual yang hanya upload foto dari website tanpa dapat diketahui sebenarnya dia memiliki produk aslinya atau tidak. Atau dalam kasus lain, ada penjual online shop yang posting foto produk dari website resmi namun barang yang dijual adalah barang tiruan atau KW yang tentunya kualitas sangat diragukan.

  1. Memiliki website yang jelas

Berjualan di media sosial seperti instagram atau facebook memang sangat popular saat ini. Banyak penjual berlomba-lomba menjadi terdepan dalam memperkenalkan produk mereka. Kondisi tersebut tentu membuat bingung pembeli karena terlalu banyak pilihan dan tidak yakin mana penjual yang terpercaya. Untuk memilih penjual yang paling terpercaya, pembeli dapat melihat apakah penjual tersebut memiliki website untuk toko online mereka. Tentunya hal tersebut didukung dengan website yang jelas  dan sesuai dengan nama toko yang ada. Sebagai contoh kalian bisa berbelanja di variasimx.com / www.vmx.id , VMX memiliki akun instagram yaitu @vmx.id mereka akan selalu menganjurkan untuk melakukan pembelian diwesbite mereka. Mengapa demikian? Karena dengan membuka website, informasi detail produk yang dijual lebih jelas dan lengkap. Selain itu transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan mudah. Ditambah lagi saat ini pembayaran pembelian VMX.id dapat dilakukan di outlet Indomart terdekat. Tentu saja dengan kemajuan tersebut, pembeli tidak akan tertipu dalam melakukan transaksi secara online.

vmx
Tampilan website VMX.id