GRASSTRACK ID

Ohlins Luncurkan Shock Belakang Khusus Grasstrack

IMG-20160816-WA0000

Balap grasstrack saat ini memang tidak bisa dianggap sebelah mata lagi oleh semua pihak. Dari tahun ke tahun balap ini terus menunjukkan kemajuan dalam kompetisinya secara nasional. Hal tersebut dilihat sebagai potensi pasar yang bagus bagi produsen suspensi asal Swedia, Ohlins. Secara khusus, distributor resmi Ohlins di Indonesia mengajukan untuk memproduksi shock belakang Ohlins yang dibuat khusus untuk balap grasstrack di Indonesia. Sempat menjadi tanda tanya besar dikalangan kantor induk Ohlins, apa itu grasstrack? Secara detail pihak Ohlins Indonesia menjelaskan mengenai balap garuk tanah yang menggunakan motor bebek tersebut. Alhasil, ide untuk memproduksi suspensi Ohlins khusus grasstrack diterima dan mulai dilakukan riset di Indonesia sejak tahun 2015 lalu.

117ohlins
Prototipe Ohlins saat dicoba Chikal (Source: instagram)

Semenjak tahun 2015 lalu, beberapa pembalap grasstrack nasional sudah mencoba prototipe dari shock belakang Ohlins diantaranya ada Rizky HK dan Chikal Faizal. Data dari hasil riset bersama pembalap dikumpulkan oleh Ohlins untuk menjadi bahan pengembangan selanjutnya. Saat masih tahap riset, Chikal Faizal mengakui bahwa shock belakang Ohlins enak dan nyaman digunakan. “Shocknya nyaman dan enak buat lewat berm maupun landing habis jumping, apalagi kalau setingannya pas. Tambah enak bangeettt..” terang Chikal. Menginjak pertengahan musim balap grasstrack tahun 2016, kini Ohlins khusus grasstrack sudah mulai dipasarkan.

ohlins
Wujud shock belakang Ohlins khusus grasstrack (source: instagram)

Menurut Nana Budhi Satya selaku Sales and Marketing Manager Ohlins Indonesia, produk shock belakang Ohlins khusus grasstrack siap bersaing didunia balap grasstrack tanah air. Shock Ohlins tersebut memiliki beberapa keunggulan yang memudahkan mekanik untuk melakukan seting sesuai dengan tipe sirkuit yang dihadapi. Setiap pembelian shock Ohlins grasstrack akan mendapatkan 2 set tambahan spring yang memiliki tingkat kelembutan berbeda. Selain itu terdapat 3 titik setingan untuk merubah kompresi, spring preload, dan rebound sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk panjang shock adalah 326 mm +/- 5mm yang artinya shock dapat dirubah dengan panjang maksimal 331 mm dan minimal 321 mm. “Harga shock belakang Ohlins dibanderol 11 juta dengan garansi 1 tahun dan layanan servis. Selain itu, bagi mekanik akan mendapatkan pelatihan khusus untuk melakukan seting shock Ohlins grasstrack”, penjelasan dari Nana Budhi Satya.