GRASSTRACK ID

Kejurda Grasstrack Sulawesi Utara Molompar Satu, Minahasa Tenggara

WhatsApp-Image-2019-09-09-at-22.33

Setelah event grasstrack Sulawesi utara seakan tidur dalam kurun waktu yang lumayan lama, kali ini bangkit dan tidak main-main dua event grasstrack digelar di dua minggu berturut-turut. Setelah minggu yang lalu “kota bunga” tomohon sukses menggelar event grasstrack dan speed offroad, kali ini event garuk tanah kembali digelar di desa molompar satu, Minahasa tenggara. Event yang berlangsung sejak tanggal 6 s/d 8 September 2019 ini di ikuti oleh para pembalap papan atas Sulawesi utara. Sebut saja nama Breifel “Tuming” Wales, Vernando Tulandi, Siro Kanal, Refal Sumolang, Angga Sompie, dan nama nama lain yang ikut serta dalam event grasstrack kali ini.

Adapun handicap sirkuit yang boleh dibilang lengkap dengan berbagai rintangan ditambah dengan kontur tanah berpasir menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap.Kesiapan fisik para pembalap dan setelan motor dituntut maksimal untuk menaklukan sirkuit kali ini.

Dari segi penyelengaraan, panitia berbangga hati karena animo penonton yang hadir di kejurda kali ini sangat besar, seakan diluar dari ekspektasi panitia. Dan oleh karena itu, panitia penyelenggara memberikan informasi akan menyelenggarakan event yang sama lagi di waktu yang akan datang.

Jalannya Lomba.

PEMULA
Bebek 110cc Standars Pemula, Siro kanal menjadi yang terbaik dikelas ini dengan berhasil nenempati podium kesatu, begitu juga untuk kelas Bebek 125 Standard Pemula, Siro kanal yang berpredikat sebagai Juara Nasional grasstrack Pemula 2019, kembali menjadi yang terbaik, walaupun sempat mendapat perlawanan sengit dari pembalap tuan rumah Oclay Rondonuwu.

JUNIOR
Bebek Modifikasi 110cc Junior (Moto Satu)
Di kelas ini terdapat nama Vernando Tulandi yang berpredikat Juara Grasstrack Junior 2019.
Moto satu, Setelah tikungan R1, Posisi terdepat dipegang oleh Esar Lopo, berturut turut Julio Roring, Vernando Tulandi. Posisi ini bertahan sampai dengan lap ke-3 sampai moment dimana Julio Roring akhirnya bisa di lewati oleh Vernando Tulandi, dan pada lap ke-5 Vernando Tulandi berhasil mengambil alih pimpinan lomba dari Esar Lopo. Posisi ini tidak berubah sampai garis finish dikibarkan.

Bebek Modifikasi 110cc Junior (Moto Dua)
Kalau pada hari sabtu saat moto satu digelar Esar Lopo yang menjadi rival Vernando Tulandi, saat moto dua, adalah Julio Roring yang menjadi saingan terberatnya. Sempat memimpin sampai lap yang ke 7, Akhirnya Julio Roring melakukan kesalahan di sebuah tikungan memaksa dirinya dilewati oleh Vernando Tulandi dan Esar Lopo. Dengan hasil ini Vernando Tulandi memdapatkan poin maksimal 50 dari kedua moto.


Bebek Modifikasi 125cc Junior (Moto Satu)
Peta persaingan untuk kelas ini seakan tidak lepas dari tiga nama Vernado Tulandi, Esar Lopo dan Julio Roring. Pada moto satu, Nando berhasil memperoleh Podium pertama dan dikuti oleh pembalap debutan Cello yang tiba-tiba menyodok dalam “the big three”, dan kemudian disusul Julio Roring dan Esar Lopo.

Bebek Modifikasi 125cc Junior (Moto Dua)
Berkaca dari hasil moto satu dimana Vernando Tulandi begitu perkasa dengan meraup podium pertama dan meninggalkan jauh lawan-lawannya, sepertinya akan menjadi hal yang mudah baginya untuk mengulang di moto dua. Namun apa yang terjadi, Baru di dua lap awal saat sedang bertarung sengit dengan Esar Lopo, tiba-tiba motornya terhenti setelah jumpingan table top. Walaupun sempat berusaha diperbaiki oleh tim-nya namun apa daya motornya urung kembali hidup. Dan podium pertama di raih oleh Esar lopo, diikuti Cello Aling, dan Julio Roring. Dan dengan hasil moto ini, Cello Aling mengumpulkan point tertinggi (44 Poin), diikuti Esar Lopo (43 Poin), Julio Roring (38 Poin)

Campuran Sport Trail Junior
Dengan tidak turunnya Nando Tulandi di kelas ini, maka terjadi persaingan sengit diantara pembalap junior. Adalah Siro Kanal yang digadang-gadang untuk menguasai kelas ini, namun sebuah kesalahan yang dibuatnya saat “diving” di berm membuat posisinya diambil alih Gideon Alow. Sempat turun sampai peringkat ke-4, Siro Kanal akhirnya mampu finish di posisi ke-2. Adapun Jacky Mamesah dan Esar Lopo berada di peringkat ke-3 dan ke-4.

SENIOR

Bebek Modifikasi 110cc Senior
Adalah Breifel Wales yang berhasil menjadi yang terbaik di moto satu dan dua dengan memperoleh poin maksimal 50 poin. Di moto satu, refal sumolang menjadi pesaing ketat
Breifel Wales, diikuti Vernando Tulandi dan Angga Sompie. Beda cerita saat moto dua berlangsung. Sadar akan punya peluang untuk bersaing menjadi terbaik di kelas ini, Refal Sumolang berusaha untuk lebih fight di moto dua. Namun alih alih memperoleh hasil maksimal, malah posisi ke dua di moto ini diambil alih oleh Vernando Tulandi, dengan demikian terjadi poin yg sama antara mereka berdua, namun Vernando Tulandi berhak menyandang posisi Runner-up karena Nando memperoleh hasil yang lebih baik dimoto yang ke dua.

Bebek Modifikasi 125cc Senior
Jawara untuk kelas ini dipegang oleh Angga Sompie dengan berhasil menyapu bersih moto satu dan moto dua. Diikuti oleh Breifel Wales yang harus puas diposisi yang kedua dengan Raihan total poin 44. Pada saat moto dua berlangsung, sempat terjadi insiden yang menimpa refal sumolang terjatuh pada saat mencoba mengambil jumpingan double pada putaran pertama. Yang mengakibatkan jari jempol tangan kirinya mengalami luka sobek. Namun refal masih sanggup melanjutkan race ini dan menyelesaikan race.

Campuran Sport Trail Senior

Pada Moto satu, secara mengejutkan Siro Kanal yg turut turun di kelas ini mampu menjadi yang terbaik dengan menyisihkan para “senior-nya”. Drama terjadi pada saat moto dua berlangsung, Selepas start kembali Siro Kanal menjadi yang terdepan diikuti Breifel Wales, Angga Sompie, dan demberlee Kawung. Di dua lap awal Siro Kanal terus memimpin dan ditempel ketat oleh sang senior Breifel Wales. Dan pada akhirnya breifel wales mampu mengambil alih posisi pertama dan di lap selanjutnya Siro kanal terjatuh dan posisinya melorot ke posisi yang ke-7. Adapun posisi runner up untuk kelas ini jatuh pada tangan angga sompie. Dengan hasil ini secara keseluruhan pembalap besutan Tim X Pusaka Surya Racing Team, Angga Sompie menjadi yang terbaik dengan mengumpulkan total poin (44 Poin), di ikuti Breifel Wales (42 Poin), dan Siro Kanal (41 Poin)