GRASSTRACK ID – Kalender sementara MXGP 2021 memberikan jatah 2 Seri untuk Indonesia dengan venue yang tertera adalah Jakarta dan Semarang. Meski demikian, Ikatan Motor Indonesia (IMI) mempersiapkan venue selain 2 kota tersebut. Dikutip dari tempo.co, ketua IMI Bambang Soesatyo bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno di kediamannya, Senin 12 Januari 2021. Pertemuan tersebut menghasilkan kerjasama antara IMI dan Kemenparekraf untuk mengembangkan sport automotive tourism di Indonesia.

Bambang Soesatyo meyakini Indonesia bisa menjadi salah satu ikon sport automotive tourism dunia karena memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa. Dia menjelaskan untuk tahap awal IMI beserta Kemenparekraf akan memanfaatkan ajang kejuaraan otomotif internasional MXGP 2021 untuk memadukan pariwisata dan olahraga otomotif. MXGP 2021 rencananya dibuka di Oman pada 3 April 2021 dan berakhir di Argentina pada 14 November 2021 dan Indonesia akan mendapatkan dua seri yaitu pada 4 Juli dan 11 Juli 2021.

Setelah meninjau pulau dewata Bali untuk dijadikan salah satu venue MXGP 2021, kini giliran Jawa Tengah yang disiapkan untuk juga menjadi venue MXGP 2021. Namun kali ini bukan Semarang yang sudah menggelar 2 Seri MXGP. Kawasan wisata candi Borobudur, Magelang yang akan dipersiapkan untuk menggelar MXGP 2021. “Tanggal 4 Juli 2021 MXGP akan dilangsungkan di kawasan otorita Candi Borobudur Jawa Tengah dan tanggal 11 Juli 2021 rencana akan dilaksanakan di Bali. Kita ketahui bersama, di Jawa Tengah dan Bali sangat banyak destinasi wisata yang sangat indah untuk dikunjungi,” ujar Bambang Soesatyo.