GRASSTRACK ID

Sangsi dan Denda untuk Chad Reed

reed dungey supercross

Sangsi untuk Chad Reed sudah diberikan, seperti yang dilansir dari supercrosslive.com, pengurangan 5 poin dan denda $5,000 (sekitar 67 juta) dijatuhkan kepada pebalap Yamaha tersebut. Denda sebesar $5,000 (sekitar 67 juta) akan didonasikan ke Alpinestar Mobile Medical Unit. Sangsi diberikan setelah pada AMA Supercross Seri 13 St. Louis Reed mengabaikan tanda bendera biru.

Saat itu Reed berada diposisi 16 dan dibelakangnya ada Eli Tomac dan Ryan Dungey yang sedang berebut posisi 1. Eli bisa melewati Reed dengan mudah, sedangkan Dungey kesulitan meletawi Reed. Selama 3 putaran Reed terus menutupi laju Dungey, padahal dirinya pebalap dengan status overlap dan sudah dikibarkan bendera biru. Setelah berhasil melewati Reed, jarak Dungey dan Eli terpaut 7 detik dan hanya menyisakan 4 menit+1 putaran sebelum finish. Alhasil Eli finish pertama dan Dungey kedua yang menyebabkan total poin keduanya kini hanya selisih 4 poin. Yang dilakukan Chad Reed sangat merugikan Ryan Dungey.

Menurut aturan yang ada, jika pebalap dengan status overlap sudah dikibarkan bendera biru artinya dia harus keluar dari racing line untuk memberikan jalan ke pebalap dibelakangnya. Namun Chad Reed mengabaikan itu dan sempat menjadi sorotan publik. Bagi seorang legenda seperti Reed, kejadian tersebut banyak mengurangi respect pada dirinya.

Berikut video saat Chad Reed mengabaikan bendera biru.